Profit vs Capital Gain

Bukan Profit

Ada teman yang cerita ke saya: “Saham perusahaan XYZ yang saya beli lagi profit nih. Naik xx%”. Lalu saya tanya ke dia, apakah profit itu bisa Anda nikmati? Dia bilang: “nggak lah, kan terus digulung”.

Nah, dari situ saya sadar bahwa teman saya ini merancukan antara profit dan capital gain dari investasi.

Definisi Capital Gain dari google translate adalah: “sebuah profit yang didapat dari penjualan property atau investasi Anda”. Dengan kata lain, profit dari capital gain baru akan terealisasi kalau Anda menjual/melepas investasi Anda.

Sedangkan profit adalah segala uang yang Anda terima dari investasi Anda sambil Anda tetap memiliki investasi tersebut. Anda mempunyai pilihan untuk menikmati uang tersebut atau diinvestasi ulang.

Untuk memperjelas perbedaan ini, mari kita bahas beberapa investasi umum di Indonesia yang kelihatannya seperti profit, tapi sebetulnya adalah capital gain.

Saham

Seperti cerita di atas, saat harga saham yang Anda pegang naik, Anda belum untung. Itu adalah capital gain. Anda baru untung setelah Anda jual saham tersebut.

Tetapi hal yang berbeda bila Anda bukan invest, melainkan trading. Jadi Anda jual beli saham. Anda beli saham saat harga rendah dan jual saat harga tinggi.

Tergantung broker yang Anda pakai, Anda juga bisa mengambil keuntungan dengan short / sell dengan cara mengambil posisi Sell saat harga tinggi dan lepas di harga yang lebih rendah.

Dalam hal ini, Anda sudah bukan lagi investor, tapi trader. Mengenai perbedaan antara trading & investasi akan kita bahas di artikel yang berbeda.

Anda sebetulnya bisa mendapatkan profit dari saham, yaitu pada saat perusahaan yang Anda beli sahamnya membagikan deviden. Tapi pada umumnya deviden hanya dibagikan setahun sekali. Bahkan ada perusahaan yang tidak membagikan deviden dengan alasan tertentu.

Property

Di property juga ada banyak yang salah kaprah mengenai keuntungan yang di dapat. Bahkan ada kutipan dari Robert Kiyosaki yang terkenal: “You make money when you buy, not from sell”. Artinya kalau mau beli properti, harus cari harga yang miring, biar bisa dijual dengan harga tinggi.

Anda bisa dapat profit dari property bila property tersebut Anda sewakan. Uang yang Anda dapatkan dari sewa (baik bulanan maupun tahunan) betul adalah profit dari property.

Reksa dana

Reksa dana atau mutual fund adalah instrumen investasi di mana uang investor dikumpulkan untuk dikelola oleh seorang / sebuah perusahaan yang disebut sebagai Manager Investasi.

Yang Anda dapatkan dari reksa dana pada dasarnya hanyalah Capital gain. Yang artinya: Anda baru bisa nikmati keuntungan kenaikan harga per unit yang Anda miliki pada saat Anda jual.

Bahkan untuk produk reksa dana yang menjanjikan “Pendapatan tetap” pun sama saja. Mereka pada dasarnya hanya menjanjikan “Capital gain” yang tetap, bukan profit yang tetap.

Berbeda dengan saham, Anda tidak akan mendapatkan deviden dari investasi reksa dana Anda.

Deposito

Uang yang Anda taruh di deposito akan menghasilkan bunga. Bunga ini masuk dalam kategori profit. Untuk investasi jenis ini, Anda tidak mendapatkan Capital Gain, kecuali mata uang yang Anda simpan di deposito mengalami kenaikan kurs.

Logam Mulia

Emas atau logam mulia juga merupakan salah satu investasi favorit di Indonesia. Namun berdasarkan definisi di atas, Anda tidak mendapatkan profit dari kenaikan harga emas, kecuali Anda jual.

Sekali Anda jual, Anda sudah tidak bisa menikmati kenaikan harga emas di masa yang akan datang lagi.

Mana Yang Lebih Baik

Tidak ada yang salah dengan capital gain. Capital gain cocok untuk Anda yang sudah mempunyai cash flow stabil untuk membiayai kebutuhan sehari-hari Anda. Mencari capital gain yang besar cocok untuk investor jangka panjang, alias yang mempunyai nafas marathon.

Warrent Buffet adalah jenis investor yang mencari capital gain yang besar dalam jangka waktu yang sangat panjang.

Untuk investor pemula yang nafasnya masih dari bulan ke bulan, ada baiknya Anda mencari investasi yang bisa memberikan profit paling tidak bulanan. Syukur-syukur juga bisa mendapatkan capital gain.

Dengan demikian, investasi Anda bisa dijadikan sebagai passive income dan menggantikan active income Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s