Bisnis Anti Bangkrut

Baru-baru ini saya membaca artikel dengan judul “Gelombang PHK Perusahaan Raksasa Dunia”. Nama-nama besar, baik di dunia perbankan maupun teknologi muncul di daftar tersebut. Pertanyaan yang timbul dalam hati saya adalah: Kok bisa perusahaan besar seperti itu melakukan PHK besar-besaran?

Tapi kalau dipikir-pikir lagi, sebetulnya hal itu tidaklah aneh, kalau kita memahami prinsip keuangan.
Mari kita lihat model cash flow dari sebuah perusahaan pada umumnya.

Arus uang masuk dari penjualan, lalu keluar untuk membayar gaji, sewa, dan biaya operasional lainnya. Kalau ada hutang, juga sekalian dibayar.

Nah, kita tahu bahwa penjualan sama seperti panen, ada musimnya. Agak naif bila kita berpikir bahwa setiap saat penjualan perusahaan akan terus stabil. Yang membuat sebuah bisnis bangkrut adalah kondisi di mana pendapatan lebih rendah dari pengeluaran.

Jadi pada saat penjualan sedang turun, cara paling mudah untuk menghindari bangkrut adalah memangkas biaya. Biaya apa yang paling mudah dipangkas? Tentu saja gaji karyawan. Itu sebabnya, di masa krisis/resesi, gelombang PHK sangat lazim terjadi, bukan hanya di perusahaan besar, tapi juga perusahaan kecil.

Apakah fenomena ini tidak ada antidote-nya?
Sebetulnya ada. Solusinya adalah dengan memiliki passive income. Istilah passive income memang tidak lazim terdengar di dunia bisnis. Namun istilah ini sangat populer di bidang personal finance. Salah satu orang yang memopulerkan istilah ini adalah Robert Kiyosaki.

Gambar di atas mengilustrasikan konsep dari passive income.

Konsep passive income ini adalah kita menginvestasikan aset kita agar menghasilkan profit. Bila profit yang kita hasilkan setiap bulan bisa menutupi overhead perusahaan, maka niscaya perusahaan tersebut tidak akan pernah bisa bangkrut. Jadi tanpa penjualan pun, perusahaan itu tetap bisa bertahan.
Setiap sen penjualan yang terjadi langsung akan menjadi profit.

Apakah ada investasi yang bisa menghasilkan profit untuk menutupi biaya operasional perusahaan? Ya, ada. Nama investasi itu adalah TRFX.

Mari, bergabunglah menjadi bisnis anti bangkrut. Investasikan dana perusahaan Anda sehingga profitnya bisa digunakan untuk membayar biaya operasional bulanan perusahaan Anda. Sehingga bisnis Anda akan bisa melewati badai krisis sehebat apapun.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s