Investasi Bodong

Sejak dulu, investasi bodong sudah banyak kita dengar. Dari skala yang paling kecil seperti pinjam uang dibayar dengan cek kosong, hingga arisan yang dibawa kabur, selalu terjadi sepanjang masa.

Kejadian seperti ini biasanya memanfaatkan sifat dasar manusia yang pada dasarnya rakus. Masih ingat pelajaran Ekonomi dan Koperasi di SMP mengenai hukum ekonomi: “Dengan biaya sekecil-kecilnya untuk mendapatkan hasil yang sebesar-besarnya”? Prinsip itu masih tetap ada hingga sekarang.

Siapa yang tidak mau mendapatkan investasi dengan return yang tinggi?

Jadi, bagaimana Anda bisa mengetahui sebuah investasi bodong atau benar? Sebelum kita membahas ciri-ciri investasi yang benar, ada baiknya kita bahas dulu mengenai ciri-ciri investasi bodong.

Investasi bodong sering juga disebut dengan scam. Menurut kamus Cambridge, scam artinya rencana tidak legal untuk menghasilkan uang. Biasanya dengan cara menipu orang.

Nah, modus-modus apa saja yang biasanya digunakan untuk menipu investor?

Ponzi

Yang paling terkenal adalah Skema Ponzi atau sering disebut juga money game. Skema ini dinamakan ponzi karena pertama kali dilakukan oleh Charles Ponzi.

Prinsipnya adalah: Mengumpulkan investor sebanyak-banyaknya dengan menjanjikan keuntungan yang besar tanpa mempunyai cara yang jelas untuk menghasilkan keuntungan.

Lalu dari mana uang untuk membayar keuntungan yang besar itu? Dari uang investor yang baru. Dengan kata lain, gali lubang tutup lubang. Itu sebabnya, di skema ini, setiap investor didorong untuk bisa mengajak investor yang lain.

Skema ini biasanya akan berakhir saat nilai investasinya sudah sedemikian besar dan pelakunya bawa pergi uang yang tersisa. Atau perusahaan bangkrut karena tidak mampu lagi menutupi keuntungan yang harus dibayarkan.

Copy Trade / AI / EA

Copy Trade adalah seorang investor ikut trading dari trader lain. Biasaya trader yang profesional dan sudah jago serta track record-nya sudah terbukti.

AI adalah Artificial Intelligent. Merupakan software yang sudah ‘belajar’ dari historical data sehingga bisa memprediksi pergerakan harga pasar di masa yang akan datang. Istilah lainnya adalah EA (Expert Advisor).

Pada dasarnya, Copy Trade & EA/AI adalah legal bila dikerjakan dengan betul. Tapi bila niat dari pemilik platform dari awalnya sudah nggak benar, maka modus ini mudah sekali diakali.

Untuk bisa mengakali investor, platform ini perlu bekerja sama dengan broker yang Market Maker. Jadi kerugian dari investor akan merupakan keuntungan bari broker. Karena broker-nya adalah market maker, maka transaksinya bisa di-setel sedemikian rupa sehingga seolah-olah untung terus. Karena untung terus, maka investor akan semakin tertarik untuk menyimpan uang yang lebih banyak.

Bila dana yang terkumpul sudah banyak, mereka bisa membuat trading-nya rugi besar sehingga uang investor habis semua.

Pemilik platform akan berdalih: Sistem-nya di-hack orang lah, lupa pasang stop loss lah, dan sebagainya.

Investasi Yang Nyata

Kalau begitu, bagaimana Anda bisa mengenali investasi yang nyata? Ternyata mudah untuk dikenali.

Segregated Account

Ciri pertama yang wajib ada adalah: segregated account. Artinya uang investor harus dipisahkan dengan rekening bank perusahaan untuk operasional. Jadi perusahaan tersebut hanya boleh menggunakan uang investor untuk kepentingan trading.

Mengapa perlu dipisah? Pernah dengar istilah: Absolute Power Corrupt absolutely? Bayangkan kalau Anda mempunyai kuasa atas rekening dengan saldo 100 M. Apakah tangan Anda akan gemetaran? Ini sama dengan seorang suami yang bekerja setiap hari dengan sekretaris yang cantik & seksi. Godaan terlalu besar.

Regulated

Segregated account saja tidak cukup. Ciri-ciri kedua adalah: rekening segregated itu harus di bawah pengawasan badan yang diakui negara. Sehingga saat ada penyalahgunaan, seketika itu juga badan regulasi ini akan membekukan rekening tersebut.

Anda bisa mengecek nama perusahaan investasi tersebut ke badan regulasi yang mengawasinya. Jika terdaftar, berarti perusahaan tersebut benar telah diawasi.

Transaction Receipt

Sama seperti transaksi-transaksi apa pun di mana pun, pasti ada bukti transaksinya. Ada nomornya. Nomor ini bisa dikonfirmasi baik ke pembeli maupun penjual.

Ciri-ciri ketiga investasi yang nyata adalah setiap transaksi jual beli ada order id-nya. Bila investasi saham, bisa cek ke Bursa sahamnya. Bila transaksi forex, bisa cek ke Liquidity Provider (LP)-nya.

Jadi di dalam transaction receipt ini bisa ketahuan tanggal transaksi, order id-nya serta siapa yang terima order tersebut.

Profit yang Nyata

Terakhir, untuk membuktikan bahwa perusahaan investasi tersebut bukan skema ponzi, pastikan usaha yang dilakukan memang mempunyai keuntungan yang nyata. Tidak perlu terlalu bombastis, tapi harus nyata.

Ciri-ciri perusahaan investasi dengan keuntungan yang nyata adalah: Anda bisa tarik profit Anda dalam waktu yang singkat. Tidak ditunda-tunda dengan alasan yang tidak masuk akal (contoh: hanya bisa tarik 1 minggu sekali, atau di tanggal-tanggal tertentu saja).

Jadi, sebelum Anda melakukan investasi ke sebuah instrumen, ada baiknya Anda cek dulu ke-4 ciri-ciri tersebut. Bila pemilik platform investasi tersebut berniat baik sejak awal, harusnya mudah untuk mendapatkan 4 hal tersebut. Ini adalah bukti bahwa mereka memang membangun platform investasi yang benar.

Bila mereka tidak bisa memberikan salah satu dari keempat hal itu, alarm internal Anda sudah harus berbunyi. Bisa jadi ini merupakan salah satu scam yang sedang bekerja.

Selamat mencari investasi yang nyata. Pencarian Anda tidak akan sia-sia karena imbalannya akan sepadan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s